3 Cara Kreatif Menabung Uang Lebih Banyak

Seperti dikutip dari The Star Business, Senin (17/3/2014) banyak gagasan kreatif yang bisa jadi jalan mudah untuk menyisihkan lebih banyak uang meski tetap harus memenuni kebutuhan sehari-hari. Maklum, menabung sangat penting untuk menyiapkan hidup di masa depan.
Lagipula siapapun sebenarnya bisa menabung selama dirinya tahu bagaimana cara membatasi pengeluarannya. Berikut tiga cara kreatif agar bisa menabung uang lebih banyak:
1. Barter
Kegiatan barter atau pertukaran barang untuk memperoleh produk yang diinginkan. Di era modern ini masih ada beberapa kelompok atau komunitas yang mempertahankan cara pertukarann barang dengan barang lain. Dengan orang yang berpikiran sama, Anda bisa menukar telur dengan apel atau kebutuhan lainnya.
2. Membeli barang berharga murah di pasar tertentu
Carilah pasar-pasar yang menjual produknya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan tempat lain. Biasanya para pedagang di sana menawarkan pakaian baru dan makanan dengan harga yang lebih murah.
3. Berinvestasi
Sejumlah tabungan membutuhkan waktu sangat lama untuk terkumpul sesuai jumlah yang diharapkkan. Tapi tak apa, investasi dalam jumlah kecil tapi rutin dapat menjadikan Anda investor yang handal dibandingkan orang lain yang menunggu dalam waktu lama untuk membenamkan modalnya pada sejumlah bisnis.
Dengan begitu, Anda dapat mendapat keuntungan lebih besar dalam jangka waktu panjang karena kedisiplinan Anda saat mengelolanya.
Sumber : http://bisnis.liputan6.com/