5 CARA MENGHEMAT BUDGET WEEKEND

 

Fotosearch


Jika Anda hitung kembali pengeluaran Anda, bisa jadi pengeluaran akhir pekan menjadi yang terbesar. Pasalnya saat itu rasanya sayang sekali jika Anda tak berpergian bersama keluarga atau sekadar mentraktir anak ke kafe favoritnya. Alhasil, di akhir pekan jumlah pengeluaran Anda dua kali lipat lebih besar dibandingkan hari biasa. Tak mau, dong, kondisi ini terjadi pada Anda? Untuk mencegahnya, lakukan trik berikut.
 
Kurangi jajan harian
Review kembali kebiasaan jajan harian Anda. Misal, saat pagi hari Anda sering membeli bubur ayam untuk sarapan, lalu saat siang—selain membeli makan siang—Anda juga membeli camilan dan minuman kemasan. Saat pulang kantor, Anda membelikan snack tambahan untuk anak.
Coba kurangi minimal satu kebiasaan tersebut, tidak lagi membeli camilan dan minuman kemasan. Percaya, deh, jika bujet ngemil dikumpulkan dalam sebulan, Anda bisa menggunakannya untuk makan di luar bersama anak.
 
Cek biaya parkir
Terbiasa membawa mobil setiap hari, termasuk saat Anda ke mall bersama keluarga? Pertimbangkan kembali biaya bahan bakar dan (yang paling besar) parkirnya. Pasalnya parkir di mall tidak murah. Bila barang bawaan Anda tak terlalu banyak, tak ada salahnya menggunakan kendaraan umum atau transportasi online.
 
Bikin playdate 
Hangout bersama teman tak harus dilakukan di mall. Lebih baik gunakan rumah sendiri atau rumah salah satu sahabat sebagai teman nongkrong. Syaratnya setiap anggota yang hadir harus membawakan makanan—termasuk menu anak.
 
Masak sendiri
Seenak-enaknya makan di luar, hidangan yang Anda masak sendiri tetap lebih sehat, Bun. Anda juga yang lebih paham selera anak, kan. Sebelum berencana jalan-jalan saat weekend, ajaklah anak untuk makan dahulu di rumah, atau siapkan bekal. Jika perutnya sudah kenyang, kemungkinan ia tak rewel untuk minta jajan.
 
Tak selalu ke mall
Ubah gaya jalan-jalan Anda untuk tak selalu ke mall. Pasalnya di mall banyak godaannya, mulai dari makanan hingga fashion dan perlengkapan anak yang tampilannya susah ditolak. Carilah objek wisata lainnya yang lebih murah tapi tak kalah seru, misalnya ajak anak keliling kota dengan bus wisata, atau bermain ke museum.

 

sumber : http://www.ayahbunda.co.id