CARA CERDAS MENJADI ORANG TUA HEBAT

Untuk menjadi orang tua hebat yang bisa membesarkan anak-anaknya bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Selain itu, juga belum ada sekolah yang khusus mengajarkan tentang cara menjadi seorang orang tua yang baik. Tentunya perlu usaha dan kerja keras untuk menjadi orang tua yang hebat, karena ia tidak akan dating dengan begitu saja. Perlu persiapan yang matang. Masing-masing peran dari orang tua, baik itu ayah maupun ibu, mempunyai arti pentingnya sendiri-sendiri, dan keduanya juga harus memahami sekaligus mampu menjalankan perannya dengan sebaik mungkin agar terciptanya sebuah keluarga yang harmonis.

Lebih dari semua itu, orangtua pun harus paham betul konsep diri sendiri dari orangtua, ini berarti bahwa orang tua mesti tahu arah dari pola asuh yang nantinya akan diberikan kepada buah hatinya. Adapun peranan yang paling utama dari orangtua yaitu mendorong pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Dan hal ini tidak hanya melibatkan peran ibu sebagai pelakunya, tapi ayah juga ikut terlibat di dalamnya, misalnya saja dengan memenuhi dan menunjang nutrisi yang dibutuhkan buah hatinya yaitu dengan mengupayakan terpenuhinya nafkah keluarganya.
Nah berikut ini ada beberapa tips cerdas bagaimana menjadi orangtua yang hebat dalam sebuah keluarga.

1. Nikmati waktu luang 
Menjadi orang tua yang hebat yaitu orang tua yang memiliki kepribadian yang menyenangkan dan juga selalu meluangkan waktu bersama dengan keluarga dan juga anak-anaknya. Meskipun demikian, ini bukan berarti ayah ibu harus terus bermain dan bersenang-senang dengan keluarga sepanjang hari. Poin pentingnya adalah mampu berbagi kebahagiaan bersama keluarga sekaligus menyisihkan waktu luang, paling tidak 1 waktu untuk dihabiskan bersama-sama, seperti berkumpul bersama tatkala akhir pecan, atau jalan-jalan liburan sekeluarga. Saat-saat kebersamaan ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan suasana hangat dan harmonis dalam sebuah keluarga.

2. Tahu saat yang tepat untuk memandirikan anak 
Dalam hal ini kemungkinan besar akan dipenuhi dengan suasana suka duka. Akan tetapi, bagian terpentingnya yaitu peran sebagai orangtua yang tidaklah  semata-mata menjadi tumpuan hidup si anak. Dengan begitu, orangtua harus selalu dapat memotivasi anak untuk dapat melakukan segala sesuatunya secara independen. Orangtua wajib memberi pengajaran pada anaknya untuk mandiri yaitu dengan membuat anaknya belajar untuk mengambil keputusan sendiri, berpikir secara mandiri dan juga menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal ini adalah semata-mata untuk kebaikan sang anak di masa mendatang, terutama tatkala anak jauh dari orang tuanya seperti saat mereka dewasa nantinya.

3. Menjadi teladan dulu 
Setiap orangtua pastinya menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi sosok yang tangguh, penuh kasih saying, bertanggung jawab, dapat dipercaya, serta taat. Tapi tentunya, untuk mengajarkan pada anak-anak nilai-nilai moral seperti ini bukanlah perkara yang mudah, hal ini tidak seperti saat anda mengajarkan anak untuk bersepeda misalnya, berlari atau menendang bola. Walaupun demikian, kunci paling penting dalam mengajarkan anak terkait pendidikan karakter atau pendidikan bermoral adalah dengan terlebih dahulu berupaya menjadi orangtua yang berkarakter dan juga bermoral baik. Juga dalam hal ini, menjadi sosok teladan yang baik bagi anak bisa menjadi cara efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral kepadanya.
Demikianlah tips pendidikan keluarga; cara cerdas menjadi orang tua hebat.  

 

Semoga bermanfaat.

 

sumber : http://www.pendidikankeluarga.com/

Tags: , , , , ,

Leave a Reply