Internet Marketing: Prospek Bisnis Internet di Masa Depan?

 
Internet merupakan peluang bagi Anda sebagai ladang bisnis dan usaha yang menghasilkan uang. Penguasaan internet marketing dapat Anda mulai dengan melakukan investasi waktu dan modal yang relatif kecil. Beragam peluang usaha bertebaran di internet mulai dari hal yang bersifat gratis, sampai yang berbayar.  Tentunya peluang usaha ini bagi orang yang memiliki minat menjadi wirausahawan dapat diawali dengan menggunakan konsep usaha kecil menengah (UKM) bahkan bisa dengan cara waralaba/ franchise.
 
Sebagian orang saat ini telah menjadikan bisnis online sebagai alternatif mata pencaharian utamanya. Bagi orang yang ingin kerja/bisnis di rumah. Pada awalnya, seseorang dapat menjadikan bisnis di internet ini sebagai bisnis sampingan, karena usaha modal kecil ini dilakukan dengan cara dilakukan diluar waktu kerja normal.
 
Cara mencari uang dari internet yang dihasilkan secara perlahan ini akan menambah kepercayaan diri seseorang dalam menjalankan bisnisonline. Dampak & manfaat internet yang dibaca sebagai peluang bisnis merupakan pilihan lain dari cara mencari kerja saat ini.
 
Tahun 2002 yang lalu, tren bisnis internet adalah PTC dan HYIP. Selanjutnya ada bisnis sebagai penyelenggara game online dengan memanfaatkan e-gold. Satu setengah tahun kemudian, ketiganya hancur lebur. Belakangan, PTC lahir kembali dengan konsep yang sedikit berbeda. Kemudian muncullah paid to surf, banner exchange, paid traffic exchange, hingga akhirnya PPC. Dari keempat itu sekarang hanya PPC yang benar-benar masih bertahan.
 
Itulah bisnis internet, kawan. Bagai roda. Bisa di atas, bisa di bawah, bisa juga terjebak di retakan jalan dan berhenti berputar.
 
Berarti kesimpulannya, bisnis internet tidak berprospek di masa mendatang?
Eits, tunggu dulu, siapa bilang :) Kan belum selesai pembahasannya, hehehe. Nah, sekarang, kita lihat satu karakteristik dari bisnis internet yang paling menyenangkan — tidak terbatas. Yang dimaksud di sini, banyak sekali peluang yang bisa ditemui di dunia bisnis internet, sehingga, jika Anda jeli, makapotensi penghasilan (dan sumber penghasilan) Anda adalah tidak terbatas. Dengan demikian, faktor ketidakpastian di atas dapat teratasi.
 
Kuncinya klasik, jangan taruh telur Anda di dalam satu keranjang dan ciptakan pintu penghasilan sebanyak-banyaknya. Kesalahan yang umum dilakukan, baik dalam bisnis secara umum maupun bisnis internet, adalah terlena dengan keadaan. Mentang-mentang penghasilan dari satu sumber sudah berlimpah, lupa untuk mengantisipasi jika suatu saat sumber tersebut kering atau tertutup total. Alhasil, stress dan bunuh diri dengan lompat dari pohon tomat, hehehe.
 
Selain dengan meningkatkan kepekaan diri terhadap pengembangan sumber pemasukan, kita juga harus jeli dalam memprediksi jenis-jenis bisnis internet apa saja yang bisa bertahan lama. Di sini, ada dua tips yang bisa saya bagikan kepada Anda.
Jika berfokus pada bisnis internet yang terdiri dari tiga pihak (advertiser, publisher, broker / perantara), cari jenis bisnis internet yang secara konsep menguntungkan bagiadvertiser dan publisher (Anda) secara berimbang. Sebagai contoh, bisnis affiliate dan PPA / PPL (Pay Per Action / Pay Per Lead) merupakan dua bisnis internet yang sangat menguntungkan bagi pemilik produk (advertiser) karena biaya pengeluaran mereka dapat ditekan.
 
Jika tidak ingin tergantung kepada pihak lain (ingat, kedua contoh di atas, termasuk juga PPC, PTC, dan sebagainya adalah termasuk bisnis internet dimana Anda masih tergantung kepada pihak lain), cari jenis bisnis internet dimana semua kontrol ada di tangan Anda. Misalnya, dengan membuka toko online dan menjual produk digital. Di sini, untung dan ruginya semua tergantung kepada diri Anda sendiri.
 
Di tahun 2014 ini dimulai dari pencarian, analisis, penelitian, estimasi, implementasi, evaluasi, dan revisi usaha yang sudah berjalan, semua itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan,  setidaknya dimulai dari mencari referensi atau panduan peluang usaha ke depan. Mencari peluang usaha di tahun 2014 selalu diawali dengan melihat ke tahun – tahun sebelumnya,  mempelajari trend history dari peluang usaha masa lalu, dapat menjadi panduan dalam menentukan bisnis apa yang akan anda buat kedepan. Perhatikan juga prediksi perekonomian nasional dan  global untuk tahun 2014 seperti kebijakan pemerintah baik itu dari sisi ekonomi, pembangunan dan lainnya. Kesuksesan dalam membuat usaha bisnis baru anda yang menentukan, seberapa tajam dan seberapa cepat anda melihat peluang usaha 2014 yang baik dan berprospek kedepan.
 
Seperti peluang usaha kertas limbah, mungkin anda berpikir “Berapa untungnya jualan kertas limbah ? ” coba perhatikan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk  proses pembuatan kardus kemasan dari limbah; bahan baku pembuatan kertas kemasandaur ulang adalah dari limbah kertas bias kertas koran, kertas kardus tebal, kulit bawang, pelepah pisang, atau bisa juga daun-daunan kering; bahan-bahan tersebut ditambahkan dan dibuat menjadi bubur untuk pengikat. Limbah yang anda bisa dapatkan dengan mudah, bernilai rendah dapat anda jual dengan harga tinggi. 1 lembar kertas daur ulang dapat berharga Rp. 25.000,- dengan modal bahan baku Rp. 1.500 – Rp. 2.000,- /Kg ditambah dengan bahan baku pewarna dan lainnya, dapat menghasilkan 75 Lembar kertas kardus daur ulang.  Bagaimana menarik bukan peluang usaha kardus kemasaan dari limbah ini? dengan modal tidak terlalu besar, sangat cocok untuk menjadi peluang usaha bisnis rumahan.
 
Beberapa kategori peluang bisnis yang sering dijadikan pilihan bisnis  yang dapat Anda jalankan antara lain :
 
1. Usaha Makanan Organik
2. Usaha Kerajinan Tangan
3. Usaha Waralaba
4. Usaha Bisnis Online
5. Usaha Percetakan
6. Usaha Percetakan
7. Industri Properti
 
Pesatnya perkembangan internet di Indonesia merupakan peluang bisnis tersendiri. Tawaran unlimited internet akses seperti yang banyak ditawarkan oleh provider seluler adalah salah satunya. Akses internet gratis yang dapat kita manfaatkan ditempat-tempat umum saat ini sudah semakin mudah kita temui sebagai layanan tambahan dari bisnis on line utama beberapa isp. Gratis internet ini sebetulnya merupakan salah satu strategi sinergi yang sering dilakukan oleh pihak isp dengan vendor penyedia layanan langsung seperti di mall atau cafe sebagai daya tarik pengunjung ke tempat mereka.
 
Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis kecil atau bisnis sampingan, peluang usaha kecil ini jika Anda tekuni yang awalnya usaha bisnis sampingan dapat menjadi usaha baru sebagai alternatif  bisnis modal kecil yang dapat menjadi usaha mandiri yang menghasilkan duit/ uang dengan cara menjadi seorang yang ber-wiraswasta –bekerja/bisnis dari rumah.
 
Bagi Anda yang ingin secara sungguh-sungguh belajar bisnis online, sebenarnya saat ini ada beberapa sekolah online yang menawarkan jasa sebagai sekolah bisnis/kursus online. Salah satu sekolah online di Indonesia yang sudah cukup lama dan menurut saya adalah sekolah bisnis internet marketing terbesar dan terbaik  saat ini yaitu sekolah yang didirikan oleh Adryan Fitra.
 
sumber : http://intermarketindo.blogspot.co.id