MERDEKA ATAU MACET!

Merdeka atau macet - by liputan6

Slogan yang menggelikan dan cukup menggelitik bukan? Terlihat dengan jelas di jalanan dan pelosok kota Jakarta. Menempel di tubuh armada TranJakarta dan dapat dilihat oleh banyak mata. Slogan yang seharusnya berisi semangat berjuang sampai titik darah penghabisan “MERDEKA ATAU MATI”, diubah menjadi slogan “kocak” yang bikin kita geleng-geleng kepala. KREATIF YA?

Ada pesan moral yang sangat kuat dari slogan yang baru ini. Slogan baru yang rasanya paling pas ditujukan pada pejuang-pejuang di kota Jakarta maupun kota besar lainnya. Di jaman Indonesia sudah berumur 71 tahun hari ini, rakyat Jakarta belum bisa merdeka sepenuhnya. Bayangkan aja, disaat mobilitas penduduk Jakarta yang sangat tinggi, kebutuhan untuk berangkat ke kantor atau berbisnis atau mengantar anak sekolah yang sangat padat, namun di sisi lain sarana dan prasarana transportasi tidak mendukung. SUNGGUH IRONIS BUKAN?

Perjalanan dalam kota yang idealnya hanya membutuhkan waktu dalam menit, kini bisa menjadi berjam-jam plus macet dan berhenti alias “PARKIR” di jalan. Perjalanan teman-teman saya dari Depok yang biasanya membutuhkan waktu 1-2 jam, kini berubah menjadi “NIGHTMARE” dimana mereka membutuhkan waktu sampai 3 jam-an di jalan untuk 1 kali perjalanan pulang atau pergi. Bayangkan jika digabungkan perjalanan pulang pergi mereka. Kurang lebih 6 jam-an bukan? WOW, waktu yang sangat-sangat panjang dan lebih berharga jika gunakan bersama keluarga, rekan-rekan dan orang lain.

MERDEKA ATAU “MATI” DI JALAN? Mungkin kata-kata ini yang setidaknya menggambarkan realita kehidupan warga Jakarta dan sekitarnya. “TUA DI JALAN” salah satu slogan yang sudah sering kita dengar selama ini. Bagaimana tidak? Hampir sebagian besar waktu keseharian kita dihabiskan hanya di jalan raya ^_^ Kita gak mau menghabiskan hidup kita di jalan bukan?

Dimana kemerderkaan yang sesungguhnya buat kita penduduk Jakarta dan daerah sekitarnya? Dimana kebebasan dan kenyamanan kita untuk beraktivitas keluar rumah? Bukankah jalan umum dibuat untuk kendaraan dan memudahkan aktivitas dan mobilitas kita? Bukankan jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang berbayar namun mendapatkan kepastian waktu karena dijamin tanpa macet?  

Memang saat ini kita sedang membangun MRT maupun LRT. Transportasi massal yang menjadi impian dan cita-cita selanjutnya selain TransJakarta yang sudah beroperasi saat ini. Kemana-mana, ke kantor, berbisnis, berbelanja, dll akan lebih mudah jika menggunakan transportasi massal.
Namun perlu diingat bukan hanya sarana prasarana maupun infrastruktur yang hebat, tapi MORAL dan DISIPLIN dari setiap warga Indonesia yang perlu dibentuk. THREE IN ONE (3 in 1) sudah pernah diterapkan, GANJIL GENAP sedang diberlakukan dan mungkin JALAN BERBAYAR akan dilakukan di kemudian hari. Tapi apakah efektif?  Program boleh bagus tapi kalau tidak dibarengi dengan program untuk membangun moral dan disiplin kita sendiri, rasanya itu akan sia-sia dan tidak efektif.

Satu hal yang menjadi impian saya kedepan adalah bisa bekerja di rumah, bermain dan jalan-jalan bareng anak dan keluarga  namun tetap bisa menghasilkan dimana saja dan kapan saja, mengingat waktu yang semakin habis jika melakukan perjalanan keluar rumah. Sekarang waktunya anak-anak Indonesia melek internet, melek dan pintar menggunakan internet. Bisnis online / bisnis menggunakan internet adalah bisnis masa depan yang akan selalu menjadi primadona dengan penghasilan yang tak terbatas.

Bekerja gak perlu lagi keluar rumah dan habiskan waktu di jalan, gak perlu stress duluan saat akan mulai bekerja! Bener gak? ^_^ 

Kerja bareng dengan anak di rumah, menghabiskan waktu-waktu berharga bersama dengan masa masa pertumbuhan anak kita. Bonding dan punya relasi yang kuat dengan anak. QUALITY TIME dengan anak dan pasangan sambil bekerja di rumah. Itulah impian, semangat dan cita-cita saya yang ingin saya replikasikan kedalam diri semua orang yang butuh perubahan hidup dan punya tekad kuat keluar dari “comfort zone” nya. SEDERHANA NAMUN MULIA BUKAN? UNTUK INDONESIA YANG LEBIH PINTAR DAN LEBIH HEBAT!

Sampai nantinya kota Jakarta benar-benar tertata rapih dan terurus serta lebih modern lagi. Sampai Jakarta dan kota-kota sekitarnya menjadi tempat tinggal impian untuk semua orang…  SMART & MODERN CITIES!

*Tulisan diatas adalah ungkapan hati dan juga harapan dari penulis terhadap kemerdekaan yang sesungguhnya. Kemerdekaan untuk hidup lebih baik dan Indonesia yang lebih baik! DIRGAHAYU INDONESIA! (Feel  free untuk komentar nya ya…)  

#kerjadirumahaja

#hutri71

#RI71

#dirgahayuindonesia

#merdeka

www.kerjadirumahaja.com

www.jagoaninternet.com