Resesi ekonomi dunia 2020

Sebagian besar ekonom dunia percaya resesi akan terjadi, yang diperkirakan akan dimulai di tahun 2020 - 2021. Menteri Keuangan indonesia, Sri Mulyani Indrawati pun mengaku khawatir di tahun 2020 bakal terjadi resesi atau kemerosotan ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia. Hal ini bisa terjadi lantaran dinamika global yang sampai saat ini masih berlangsung.

Dinamika yang terjadi saat ini membuat pertumbuhan ekonomi diproyeksi menurun, bahkan pertumbuhan perdagangan juga akan menurun seiring perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) tak kunjung usai.

“Seluruh indikator menunjukkan bahwa apabila tren ini berlanjut, maka 2020 dikhawatirkan akan terjadi resesi, terutama di negara-negara maju,” kata Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Resesi atau kemerosotan ekonomi akan membuat kebutuhan akan suatu produk perdagangan menurun. Sehingga, porsi ekonomi menjadi ikut turun.

Buat kita di Indonesia, tentu tetap ada pengaruhnya. Buat yang bekerja di kantor maupun memiliki usaha harus bersiap-siap terhadap hal ini. Perlambatan ekonomi dunia bukan tidak mungkin dan secara tidak langsung akan menurunkan daya beli masyarakat, memperlambat laju perekonomian negara kita.