Tips Agar si Kecil Terhindar Dari Penyakit

​Orangtua mana yang tidak cemas ketika anaknya seringkali sakit. Saya pun begitu, bukan hanya cemas, tapi juga sedih dan gundah gulana. Abangzam termasuk anak yang sering sakit. Beberapa hari setelah sembuh, dia kembali sakit. Bahkan dia hampir setiap bulan sakit meskipun tidak berlangsung lama dan dalam kategori sangat ringan. Akan tetapi jelas ini akan mengganggu aktivitas Abangzam juga.

Kalau Abangzam  sakit dan dalam 3 hari masih belum sembuh juga, sebagai orangtua saya akan selalu siaga dan sigap membawanya ke dokter anak yang terbaik. Tapi saya harus tau, tidak bisa melulu dokter kan kalau anak sakit, pencegahannya memang harus orangtua yang tau cara menghindarkan anak dari sesuatu yang mengundang gejala penyakit. Apalagi saat musim pancaroba saat ini dimana keaadaan sangat tidak menentu yang memicu perkembangan yang sangat cepat pada bibit-bibit penyakit yang berbahaya untuk kesehatan anak kita.

Mam, Saya biasanya melakukan beberapa hal ini untuk mencegah Aabangzam  dari berbagai sakit, dan penjagaan saya untuk abangzam dan adiknya hidup sehat.

Mam, salah satu cara menjaga agar anak tetap sehat dan ceria, adalah dengan menjaga asupan makanannya. Berikut tips menjaga asupan makanan anak agar tidak mudah sakit.

•    Mengatur Pola Makan 
Pola makan yang di maksud adalah kebutuhan nutrisi, vitamin dan lainya tercukupi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Sselain itu porsi makanan setiap harinya harus pas atau ideal. maksudnya jangan berlebihan atau kurang. Saya menggunakan bahan makanan segar, membuatkan fresh food , dan memastikan anak-anak saya cukup asupan air. Termasuk dengan memastikan mereka rajin minum susu sesuai kebutuhan mereka. 

•    Menjaga kebersihannya
Dalam keadaan kotor, kuman dan bibit penyakit cepat berkembang biak, saya melarang anak-anak untuk tidak main di tempat yang lembab dan kotor, seperti main becek dan tanah liat di taman. Biasanya memang mereka hanya main di dalam rumah saja dulu. Soal pakaiannya juga, kalau basah sedikit, sudah harus saya ganti, karena takut mereka nanti kena imtigo bullosa, merupakan suatu penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri (sumber : http://www.alodokter.com/impetigo)Abangzam dan adiknya pernah kena penyakit itu. Di rumah ada ART, kalau dia sedang membersihkan debu, anak-anak saya giring ke kamar dulu, mencegahnya dari batuk.

•    Istirahat Yang Cukup
Istirahat adalah proses untuk meringankan beban otak, selain itu juga pertumbuhan tubuh anak juga terjadi pada waktu beristirahat. Tidur 8 jam sehari sudah cukup untuk anak. Tapi saya mengharuskan mereka untuk tidur siang. Karena memang mereka sudah terbiasa tidur siang. Abangzam yang sangat senang main, kadang susah diajak untuk tidur siang, jadi saya akan dengan sengaja membuat rumah sepi, kalau sepi dia juga jadi bosan dan akhirnya, kalau memang capek dia akan memilih untuk tidur.

So, Mams, Itu tadi adalah beberapa hal penting yang saya lakukan untuk menghindarkan anak-anak saya dari sakit di musim penghujan ini. Tapi kalau kita sudah melakukan hal tersebut dengan maksimal, tapi anak tetap sakit, saya juga dengan cepat menanganinya dengan menyiapkan obat penurun panas, dan beberapa minyak kayu putih untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya. 

Sumber: http://raisingchildren.net.au/articles/toddlers_health_nutshell.html